Senin, 11 Juli 2011

Falsafah Pendidikan Anak

Dari Lingkungan Hidupnya Anak-anak Belajar…
(Dorothy Law Nolte)
.

Jika anak dibesarkan dengan celaan
Ia belajar memaki
Jika anak dibesarkan dengan permusuhan
Ia belajar menentang
Jika anak dibesarkan dengan cemoohan
Ia belajar rendah diri
Jika anak dibesarkan dengan toleransi
Ia belajar jadi penyabar
Jika anak dibesarkan dengan dorongan
Ia belajar percaya diri
Jika anak dibesarkan dengan pujian
Ia belajar menghargai
Jika anak dibesarkan dengan kasih sayang dan persahabatan
Ia akan terbiasa berpendirian

Sebuah falsafah pendidikan berupa kata-kata bijak yang sangat menyentuh dan menyeruak masuk menembus dinding hatiku, membuka mata hatiku, menyibak pikiranku dan mengingatkanku untuk kembali flashback....merenung, berfikir, bertanya dalam hati, pola asuh dan cara mendidik anakku yang selama ini saya anggap sudah baik, tetapi ternyata hanya baik versi saya, tetapi tidak baik bagi perkembangan mental dan psikologis anak. Ketika anakku ngambek ketika disuruh mandi atau makan....saya justru marah dan kadang menganggap anak kita susah diatur, padahal anak kita pasti punya alasan kenapa dia tidak mau mandi atau makan, dan egoisnya saya...... adalah tidak mau tahu dan malas mendengarkan alasan mereka. Ketika anak kita belum bisa membaca dibandingkan dengan teman-teman sebayanya justru kita mengolok-olok dan menyalahkannya...alangkah jahat dan kejamnya saya sebagai orang tua. Bisa jadi anak kita lambat dalam membaca tetapi dia mahir dalam menggambar, cerdas dalam logika dsb. Itulah yang mungkin belum saya sadari selama ini bahwa setiap anak terlahir itu tidak mungkin sempurna, kalo dia punya kelemahan dalam suatu hal, pasti punya kelebihan di bidang lain....dan itulah pekerjaan rumah kita sebagai orang tua untuk menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh anak-anak kita.....

Terimakasih Mrs. Dorothy.......your inspiration has opened my heart


Tidak ada komentar: