Selasa, 10 Januari 2012

Destinasi Wisata Magetan

7 (Tujuh) Destinasi Wisata Kabupaten Magetan Yang Wajib Dikunjungi 
Versi "Ingin Belajar dan Berbagi"

1.   Telaga Sarangan
     
Telaga Sarangan adalah sebuah telaga alami yang terletak di  kaki Gunung Lawu, di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Berjarak sekitar 16 kilometer arah barat kota Magetan. Telaga ini luasnya sekitar 30 hektar dan berkedalaman 28 meter. Dengan suhu udara antara 18 hingga 25 derajat Celsius. Di sekeliling telaga terdapat dua hotel berbintang, 43 hotel kelas melati, dan 18 pondok wisata. Di samping puluhan kios cendera mata, pengunjung dapat pula menikmati indahnya Sarangan dengan berkuda mengitari telaga, atau mengendarai kapal cepat.Fasilitas obyek wisata lainnya pun tersedia, misalnya rumah makan, tempat bermain, pasar wisata, tempat parkir, sarana telepon umum, tempat ibadah, dan taman.
Keberadaan 19 rumah makan di sekitar telaga menjadikan para pengunjung memiliki banyak alternatif pilihan menu. Demikian pula keberadaan pedagang kaki lima yang menawarkan berbagai suvenir telah memberikan kemudahan kepada pengunjung untuk membeli oleh-oleh. Hidangan khas yang dijajakan di sekitar telaga adalah sate kelinci.
  
2.  Air Terjun Tirtosari

Air Terjun Tirtosari terletak +/- 2,5 Km sebelah barat daya dari Telaga Sarangan, dapat ditempuh dengan naik kuda atau jalan kaki. Pada lokasi Air Terjun Tirtosari ini dapat dinikmati keindahan alam, air yang mengalir dari ketinggian kurang lebih 50 M turun ke bawah melalui celah yang diapit oleh batu-batu terjal sehingga memberikan pemandangan yang indah dan daya tarik tersendiri. Menurut kepercayaan masyarakat bila menikmati Air Terjun Tirtosari kita dapat cantik dan awet muda.




3.  Pesona Cemoro Sewu

Cemoro Sewu merupakan perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah berada pada ketinggian 1.600 mdpl, merupakan titik awal pendakian menuju puncak Gunung Lawu. Sore hari udara di tempat ini sudah terasa dingin sekali. 
Kawasan Cemoro Sewu kini semakin dipercantik dan diperlebar sehingga menyerupai suasana puncak pass di Bogor - Cianjur. Dipenuhi dengan pedagang jagung bakar, dan sate kelinci yang berjajar disepanjang tepian jalan. Kawasan Cemoro Sewu sekarang sangat populer di kalangan muda-mudi di Magetan,  Madiun, Solo, Sragen, Karanganyar dan sekitarnya, yang biasanya ditempuh dengan menggunakan sepeda motor. Tempat ini menjadi lokasi nongkrong sambil menikmati indahnya pemandangan dan sejuknya udara pegunungan sekalian berwisata ke Telaga Sarangan dan Air Terjun Grojogan Sewu. Jalan diperlebar dengan memotong tebing-tebing dan dibelah menjadi dua jalur. Di tengah jalan dibuat trotoar pembatas jalan yang dilengkapi dengan lampu-lampu cantik mirip jalan Malioboro di Yogya.


4.  Sentra Kerajinan Kulit "Jalan Sawo"


Sentra kerajinan kulit ini merupakan Lingkungan Industri Kecil terbesar di Magetan. Terletak di jalan Sawo kelurahan Selosari, Kecamatan Magetan. Oleh karena itu, banyak masyarakat mengenal Sentra kerajinan ini dengan “sentra jalan sawo”. Di jalan Sawo ini berderet toko dan kios yang menjual beranekan produk kerajinan kulit seperti sepatu, sandal, dompet, ikat pinggang dengan kualitas ekspor, dijamin awet dengan harga yang lebih murah. Maka, jangan heran jika kita lewat jalur ini (terutama saat liburan) macet! Karena banyak bus-bus pariwisata parkir dan keluar masuk di jalur ini.


5.  Sentra Ayam Panggang Gandu
 
Bagi penggemar wisata kuliner, tempat yang satu ini tidak boleh dilewatkan jika anda berkunjung ke Kabupaten Magetan. Sentra ayam panggang gandu berlokasi di jalan raya Maospati-Ngawi. Sebuah papan petunjuk arah yang dipasang tepat di pertigaan Karangrejo menjadi penanda bagi para pengunjung. Jika masih ragu dengan petunjuk yang Anda lihat, silakan bertanya kepada masyarakat sekitar. Mereka akan mengarahkan Anda pada sebuah gang kecil dengan jalan setapak. Di gang itulah berdiri warung lesehan ayam panggang. Sedikitnya ada 10 rumah penyedia menu ayam panggang, antara lain, milik Bu Setu, Bu Suryani, Bu Sarmi, Bu Sri, dan Mbah Mimin. Para ibu ini bekerja berdampingan karena memegang fisolofi rezeki sudah ada yang mengatur.
Ayam panggang gandu populer disajikan dengan varian rasa pedas dan gurih. Ayam panggang gandu sangat lezat disantap dengan sambal korek atau sambal bawang putih dan sambal goreng terasi. Sebagai pelengkapnya, disajikan kudapan aneka sayur segar, seperti kubis, timun, tomat iris, daun selada, dan kemangi. Disediakan pula urap-urap dan trancam berbahan irisan halus kubis, tauge, dan petai cina.


6.  Kolam Renang Banyu Biru

Kolam Renang Banyu Biru merupakan wahana wisata air, terletak di Jalan Raya Maospati - Magetan, tepatnya di Desa Tinap Kec. Sukomoro Magetan. Berbagai fasilitas ditawarkan disana, mulai kolam renang, waterboom, arena permainan anak, koleksi binatang dan ikan, arena olah raga seperti badminton, tenis meja, serta bioskop 3 Dimensi dengan area parkir yang luas dan aneka jajanan yang murah meriah. Ada 4 jenis kolam yang tersedia : Kolam renang anak, kolam renang dewasa, kolam seluncur anak, dan kolam seluncur dewasa. Bagi yang ingin menyelenggarakan pesta ulang tahun, atau rapat tersedia juga ruang pertemuan.


7.  Sevilla (Sarangan Eco Art Village)

Ada yang baru dengan penampilan kawasan wisata Sarangan saat ini. Wisata "outbond Sarangan Eco Art Village" (Sevilla). Yakni wisata "outbond" yang terletak di kawasan Bumi Perkemahan Mojosemi, sangat cocok bagi pengunjung yang ingin memacu adrenalin. Para pengunjung dapat menikmati permainan "flying fox". Permainan "outbond" yang satu ini sangat cocok bagi pengunjung yang suka tantangan dengan meluncur pada ketinggian di atas 15 meter di balik pepohonan hutan pinus kawasan puncak Gunung Lawu. Selain itu, pengunjung yang sebagian besar merupakan rombongan keluarga ini, juga dapat menikmati motor ATV. Pengunjung dapat mencoba lika liku sirkuit mini yang terdapat di kawasan hutan pinus lereng Lawu. Tak hanya orang tua, anak-anakpun turut antusias menikmati berbagai permainan yang ditawarkan di wisata "outbond" ini.

2 komentar:

INDAHNYA BERBAGI ILMU mengatakan...

wew,,, kangen cemoro sewu :D

IBNU mengatakan...

telaga sarangan is a wonderful place