Rabu, 04 Januari 2012

Tulisan Awal Tahun 2012




04 Januari 2012....meski tahun baru sudah lewat, namun suasana pergantian tahun 2011 ke 2012 masih hangat terekam dalam benak dan pikiranku. Awal tahun baru di Kabupaten Magetan diwarnai dengan cuaca mendung pekat yang disusul hujan deras dari malam hingga pagi dan siang hari...meski begitu sebagian orang orang tetap berduyun-duyun keluar rumah menuju tempat keramaian dan tempat wisata untuk merayakan pesta pergantian tahun tersebut. Suara petasan, kembang api, terompet dan deru knalpot kendaraan, bahkan aroma kemaksiatan menjadikan suasana menjadi meriah bagi sebagian orang yang merayakan....akan tetapi ada juga sebagian orang yang melihat hal semacam itu menjadi prihatin dan tidak habis pikir, kenapa uang dalam jumlah yang tidak sedikit dihambur-hamburkan hanya untuk membuat gaduh dan bising, kenapa tidak digunakan saja untuk hal lain yang lebih bermanfaat.

Entahlah...termasuk kelompok yang mana kita...apakah kelompok yang ikut merayakan hura-hura tahun baru, atau kelompok yang prihatin dengan suasana pergantian tahun baru seperti yang sering kita lihat akhir-akhir ini. Dan saya termasuk orang yang yakin dan optimis bahwa masih ada sebagian orang yang mencoba untuk merayakan tahun baru dengan kegiatan yang bermanfaat, misalnya melakukan kegiatan sosial, menyantuni orang miskin, melakukan pendalaman ilmu agama, atau bagi organisasi dan instansi mungkin berdiskusi melakukan introspeksi dan evaluasi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan. 

Sekarang tinggal bagaimana kita....
Segala sesuatu dimulai dari awal.. Kalau di awal kita menanam kebaikan maka kelak pasti akan menuai kebahagian dan keindahan, kalo diawal kita berbuat keburukan..pasti kelak akan menuai kesengsaraan dan penderitaan. Pertanyaannya sekarang adalah...apa yang telah kita perbuat di awal tahun 2012 ini? Kebaikan atau keburukan...?
 

Tidak ada komentar: